Istilah-istilah Jual Beli Dalam Media Sosial

Istilah-istilah Jual Beli Dalam Media Sosial


Berikut ini adalah istilah-istilah jual beli yang sering kita jumpai dalam situs jual-beli online, toko online ataupun di media sosial, istilah-istilah ini saya dapatkan dari berbagai sumber dan ada juga istilah yang saya tambahkan versi saya.
Ini dia nih, selamat menyimak.!

Rekber : Rekening bersama. Biasanya, rekening ini dimiliki oleh sebuah badan khusus. Dalam berjual-beli disarankan menggunakan rekber agar terhindar dari penipuan. Dengan menggunakan rekber, pembeli akan membayar tagihan pembelian onlinennya kepada penyedia jasa rekber (bukan kepada penjual langsung), jika barang sudah diterima oleh pembeli maka penyedia jasa rekber baru membayarkan uang tersebut kepada penjual.

Ongkir : Merupakan kependekan dari ongkos kirim.

Freeong : Merupakan kependekan dari Free Ongkir. Artinya gratis biaya pengiriman.

BTO : Merupakan kependekan dari Belum Termasuk Ongkir. Artinya harga barang/produk belum termasuk biaya pengiriman.

STO : Merupakan kependekan dari Sudah Termasuk Ongkir. Artinya harga barang/produk sudah termasuk biaya pengiriman atau bisa disebut juga Freeong.

Sold Out : Habis terjual.

Ready Stok : Barang tersedia.

Habis : Barang tidak tersedia atau stok barang sedang kosong.

PO : Merupakan kependekan dari Pre-Order. Artinya pembayaran dilakukan diawal, kemudian barang akan diproses sesuai ketentuan penjual karena ketersediaan barang akan tersedia dihari atau tanggal tertentu. Melihat banyaknya jumlah pemesan, jika jumlah target pemesan tidak terpenuhi biasanya PO dibatalkan.

MBO : Merupakan kependekan dari Made by Order. Artinya pembayaran dilakukan diawal, kemudian barang akan diproses dihari yang sama. Tidak melihat banyaknya jumlah pemesan, walaupun hanya satu tetap diproses.

Reject : Barang mengalami kecacatan atau dalam kondisi tidak bagus.

Refund : Uang dikembalikan kepada konsumen karena kondisi dan kesepakatan tertentu.

Return/Retur : Barang dikembalikan kepada penjual karena kondisi dan kesepakatan tertentu.

ReRe : Merupakan kependekan dari Reject-Return. Artinya Barang mengalami kecacatan atau dalam kondisi tidak bagus dan konsumen dapat mengembalikan barang tersebut kepada penjual dengan kondisi dan kesepakatan tertentu.

Trusted OS : Online shop yang dapat dipercaya.

Nomor Resi : Nomor tanda bukti pengiriman dari ekspedisi.

Ekspedisi : Penyedia layanan jasa pengiriman. Misal: JNE, POS, TIKI, dll.

Booked : Barang telah dipesan orang namun belum dibayar.

Hit and Run : Konsumen yang memesan barang dan berjanji akan transfer pada waktu yang telah ditentukan, namun pada saat jatuh tempo tetap tidak membayar. Ada juga yag sampai memblokir penjual agar tidak ditagih pembayarannya.

Testimoni : Berisi kesan dan pesan dari pembeli tentang produk atau online shop yang bersangkutan.

BPJS (Budget Pas-Pasan Jiwa Sosialita) : Istilah ini biasanya disematkan kepada calon pembeli yang suka menawar harga barang online.

Agan/gan : Juragan.

Sist/sis : Sister.

Palkor : Istilah ini hampir sama artinya dengan PHP atau CLBK. Disematkan untuk calon pembeli yang sudah banyak bertanya tentang produk dan ongkos kirim, meminta totalkan biaya yang harus dibayar, namun saat totalan dan transfer atau saat janjian COD dia tiba-tiba menghilang tiada kabar.

PM : Merupakan kependekan dari Private Message atau dalam bahasa Indonesia-nya Pesan Pribadi, yaitu penjual atau pembeli meminta untuk melangsungkan obrolan serius melalui aplikasi chating.

COD : Merupakan kependekan dari Cash on Delivery, yang artinya pembeli mengajak penjual (atau sebaliknya) bertemu disuatu tempat yang telah ditentukan bersama untuk melihat, mengecek dan atau membeli barang milik penjual.

Demikian istilah-istilah jual-beli yang sering kita jumpai situs jual-beli online, toko online ataupun di media sosial. Artikel ini akan saya update terus jika ada istilah-istilah yang baru.
Terima kasih sudah mampir. ^_^

Bagikan Artikel ini ke:

Baca ini Juga:

Komentar Disqus